Kabar gembira buat semua pecinta kimia, karena dua tahun mendatang tepatnya tahun 2011 dinobatkan sebagai Tahun Internasional Kimia 2011 (International Year of Chemistry – IYC 2011 – Our Life , Our Future). Gagasan Tahun Internasional Kimia 2011 ini pertama kali dicanangkan pada bulan Agustus 2007 pada pertemuan umum The International Union of Pure and Applied Chemistry (IUPAC) di Turin Italia. Gagasan ini ternyata disambut baik oleh dewan PBB dan pada pertemuan PBB bulan Desember 2008, IUPAC dan Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) menyetujui untuk merayakan tahun 2011 sebagai Tahun Internasional Kimia. Tahun 2011 juga bertepatan dengan peringatan 100 tahun penghargaan Nobel Prize Kimia untuk Mme Maria Sklodowska Curie, yang berarti juga peringatan akan kontribusi wanita ke ilmu sains.

Peranan kimia dalam kehidupan manusia begitu penting, seluruh materi baik padat, larutan dan gas tersusun dari berbagai unsur-unsur kimia dan bahkan seluruh proses kehidupan ditentukan oleh berbagai reaksi kimia.  IUPAC dan UNESCO menyadari sudah saatnya untuk memperingati keberhasilan kimia dan sumbangannya bagi kehidupan manusia.

“Tahun Internasional Kimia akan meningkatkan apresiasi global terhadap perkembangan ilmu kimia dalam kehidupan kita dan masa depan kita. Saya berharap peringatan ini dapat meningkatkan kepedulian publik terhadap kimia dan meningkatkan ketertarikan kaum muda akan ilmu sains serta memberikan masa depan yang cerah bagi masa depan kimia”, sambutan dari Ketua the International Union of Pure and Applied Chemistry (IUPAC), Professor Jung-Il Jin pada pertemuan PBB.

“Saya menyambut kesempatan untuk memperingati kimia sebagai salah satu dasar dari ilmu sains,” ujar Koichiro Matsuura, Direktur Umum UNESCO, “Meningkatkan kepedulian publik terhadap kimia adalah suatu hal yang sangat penting dalam rangka menjawab tantangan pembangunan yang berkesinambungan. Adalah hal yang mutlak bahwa kimia berperan penting dalam membangun sumber alternatif energi dan menghidupi populasi dunia yang terus berkembang” tambahnya.

Dalam memperingati Tahun Internasional Kimia 2011 akan direncanakan berbagai aktivitas dan event baik regional, nasional dan internasional yang didukung baik dari asosiasi kimia nasional, institusi edukasi, industri, pemerintahan dan organisasi non-pemerintahan. Aktivitas dan event ini berusaha memperkenalkan kepada publik luas tentang peranan kimia, memberikan solusi terhadap tantangan global, dan membangun generasi muda yang peduli terhadap sains.

Situs chem-is-try.org juga akan turut aktif menyukseskan Tahun Internasional Kimia 2011 dengan berusaha bekerjasama dengan beberapa instansi yang peduli dengan sains. Jika kamu punya ide atau masukan untuk menyukseskan Tahun Internasional Kimia 2011, silahkan tulis pada bagian komentar artikel ini. Kami tunggu ide dan masukannya.

Catatan Harian Natrium

Posted: September 12, 2010 in Uncategorized

AWAL  JANUARI  2009

“Apakah itu cinta…apakah itu cinta…yang mampu melengkapi lubang di dalam hati….” Suara lagunya letto yang minggu ini kujadikan nada dering ponselku terus berbunyi, aku menggeliat malas dan mencoba membuka mataku yang terasa sangat berat. Tapi tiba-tiba kantukku mendadak hilang saat kulihat nama khlor kekasihku terpampang di layar ponsel

“Pagi honey…!” terdengar suaranya renyah di seberang sana

“Ada apa sih , pagi-pagi dah ganggu orang tidur ?” jawabku sedikit merajuk

“Lho…kau lupa ya nat,kita kan pagi-pagi mau jalan-jalan”

“Jalan-jalan kemana?”

“Ya biasa…pagi ini kita kedapur ibu-ibu untuk melejatkan masakan mereka, siangnya kita ke demo masak rudy choerudin”

“Kemakanan mulu, aku bosan nih, gak ikut ah”

“Lho kok gitu,terus gimana kalau anak -anak manusia itu gondokan semua? kan kita juga yang repot. Lagian kita kan pasangan yang paling serasi sekampung SPU nat, masa kita jalannya masing-masing, gak seru ah”

“Baiklah…baiklah Mr chlor”

Kututup telponku, kupandangi kamar minyak tanahku, “ahh…” aku berteriak . Sudah sejak lama aku jadian sama khlor,dia unsure yang paling ganteng yang pernah kulihat di kampung kami sistem periodik unsur  di gang 3 blok V11 A dengan nomer rumahnya 17, bahkan kami mendapat peredikat pasangan paling serasi tahun ini.

Awalnya kami ketemu di lautan luas. Waktu itu dia senang sekali mentap senja. Dan jadilah kami pasangan yang serasi. Kami sering jalan berdua ke dapur-dapur penduduk atau ke pabrik-pabrik industri. Kami juga kadang mengenang perjumpaan kami di lautan lepas, ahh…indahnya. Tapi  ada satu yang membuat hati ini kadang terbakar cemburu , ada kabar burung kalau dia selingkuh dengan molekul air. Bahkan menurut kabar terakhir yang aku dengar mereka telah menikah dan mempunyai anak yang bernama HCl, aku ingin melabrak air kalau perlu membunuhnya tapi aku tidak punya bukti makanya kalau aku dekat dengan dia aku langsung marah apalagi si oksigen yang masih sodara si molekul air suka mengompori aku,membuat kemarahanku langsung naik beberapa derajat.

AKHIR JANUARI 2009

Mataku sudah sembab tapi airmataku masih terus saja mengalir, hatiku sakit…sakit luar biasa, khlor kekasihku ternyata benar-benar menghianati cintaku, dia ternyata sudah menikah dengan molekul air dan mempunyai anak HCl dan ternyata selama ini juga dia punya affair dengan saudara-saudaraku seperti kalsium (CaCl2 ) , kalium (KCl) , barium (BaCl2) mereka itu berbohong di belakangku

Dasar mata keranjang!!!!

Aku ingat waktu itu, dia kekasihku khlor (apa masih pantas aku memanggilnya kekasih?) mengakui semua perbuatanya setelah tahu aku pernah memergokinya waktu dia di sebuah laboratorium jalan bersama. Dengan bantuan kelalaian manusia aku hampiri molekul air, aku marah padanya karena dia telah merebut khlor dariku. Aku berkelahi dengannya dan hasil perkelahian itu terjadilah kebakaran di tambah adanya oksigen yang terus memanasiku maka kemarahnku makin menjadi dan habislah laboratorium itu terbakar oleh kemarahanku

Aku pergi pada khlor dengan penuh kemarahan mempertanyakan alasannya kenapa dia selingkuh di belakangku

“Apa aku kurang sempurna di matamu khlor, sampai-sampai kau tega melakukan ini semua, awalnya aku kira ini hanyalah gosip para manusia lab itu tapi ternyata kau…kau memang benar-benar menghianatiku” semprotku sambil menangis.

“Semua ini kulakukan karena aku sayang kamu nat,” jawabnya.

“Apa kamu bilang? sayang aku? kamu selingkuh dan menikah dengannya karena sayang aku?”

“Iya nat, kau itu begitu sempurna di mataku, kau mempunyai sifat-sifat yang khas makanya aku tidak menikahimu karena aku takut nanti kau mengandung sehingga merusak kecantikanmu.Aku menikahi molekul air dan mempunyai anak Hcl itu tidak lain dengan satu tujuan .Kau tahu…kata para manusia lab itu kecantikanmu mempunyai warna khas beda dari unsur-unsur yang lain akan bisa terlihat oleh semua orang, asalkan ada senyawa lain yang bisa membantumu dan senyawa yang bias membantumu itu tidak lain adalah HCl anakku, si Hcl kecil akan membantumu melakukan uji nyala maka warna cantikmu itu dapat terlihat , apa kau tidak senang ? terlihat cantik dan di puja banyak orang” katanya panjang lebar smbil tersenyum

Untuk beberapa saat aku terdiam betapa baiknya dia, betapa dalam cintanya tapi jauh di lubuk hatiku aku masih merasa sakit padanya dan diam-diam aku bersumpah aku tidak akan memaafkan molekul air dan oksigen seumur hidupku,itu sumpahku..!

PERTENGAHAN PEBRUARI  2009

Sejak tahu kekasihku khlor selingkuh di belakangku, akupun mulai main mata dengan nitrat (NaNO 3), dengan karbonat (NaCO3) , dengan adiknya khlor , bromine (NaBr) dan banyak yang lainnya. Kadang akupun suka jalan sendirian tanpa di temani kekasih-kekasihku , aku bersama adikku kalium kadang membantu manusia . Ion-ion ku ikut memelihara keseimbangan osmosis dan pH darah dalam tubuh manusia.

AKHIR PEBRUARI 2009

Di akhir pebruari ini aku melakukan uji nyala.Awalnya aku tidak mau tapi karena desakan Chlor kekasihku yang katanya sayang ma aku, aku pun akhirnya mau melakukannya. Kalau manusia mungkin uji nyala itu analoginya semacam oprasi plastik kali.Waktu di uji nyala dengan bantuan HCl anak dari kekasihku khlor ternyata aku menghasilkan warna kuning. Aku jadi bertanya-tanya kenapa aku bisa berwarna dan kenapa warnaku yang nampak hanya kuning padahal warna itu kan banyak .Eh setelah kutanyakan pada manusia lab ternyata ketika di panaskan elektron dalam diri aku mengalami eksitasi.Saat elektron kembali kekedudukan semula akan melepaskan energi berupa energi cahaya dengan panjang gelombang tertentu. Jika panjang gelombang berada dalam daerah sinar tampak maka terlihat nyala yang berwarna tertentu.Dan kebetulan yang terjadi padaku panjang gelombang yang berada dalam daerah nampaknya warna kuning.itulah sebabnya aku berwarna kuning padahal warnaku banyak sekali.

Silikon (Si)

Posted: Desember 2, 2009 in Uncategorized

Silikon merupakan unsur elektropositif yang paling banyak dijumpai. Memiliki sifat kimia seperti logam lainnya. Kemampuan semikonduktor akan meningkat jika ditambah pengotor suhu. Ditemukan pada banyak senyawa dioksida dan berbagai macam silicate yang ada di alam.

Kegunaannya antara lain dipakai dalam pembuatan kaca, terutama dipakai dalam pembuatan semi konduktor, digunakan juga untuk membuat aloi bersama Alumunim, magnesium, dan tembaga. Digunakan juga untuk membuat enamel, Membuat LCD, dan bahan pembuatan semen.

Silikon mempunyai ikatan kovalen raksasa jadi titik didihnya tinggi.

Lanjutin yu??

Posted: Desember 2, 2009 in Uncategorized

Kali ini kita akan melanjutkan pembahasan kita tentang Natrium. Natrium ini merupakan logam lunak berwarna putih keperakan dan bersifat reaktif. Bereaksi dengan air membentuk sodium hidroksida dan hidrogen. Dapat bereaksi dengan alkohol namun lebih lambat dibandingkan dengan air. Tidak bereaksi dengan nitrogen. Merupakan komponen terbesar kedua yang larut di air laut. Mudah ditemui pada sumber air murni. Natrium ini dihasilkan dengan elektrolisis lelehan NaCl.

Kegunaan dari Natrium sendiri adalah bisa dipakai dalam pembuatan ester, Na-glutamat dipakai untuk penyedap rasa, bisa dipakai sebagai isi lampu kabut dalam kendaraan bermotor, NaOH dipakai utuk membuat sabun, NaHCO3 dipakai sebagai pengembang kue, bisa untuk memurnikan logam K, Rb, Cs. Kemudian NaCO3 dipakai dalam pembuatan kaca dan pemurnian air sadah.

Mw Tau??

Posted: Desember 2, 2009 in Uncategorized

Mw ngapalin unsur perioda tiga?? mw tau cara singkatnya???

nih kita kasih… Nana Manggala Alangkah Sibuknya Pada Saat Cliling Argentina… Gampang kan???

Slamat ngafal ya…

Chem-Is-TRY….^_^

Muatan Efektif Inti

Posted: November 26, 2009 in Uncategorized
Tag:

Anda sudah mengetahui bahwa elektron pada kulit-kulit atom ditarik oleh intinya. Gaya itulah yang menjaga elektron tetap berada dalam orbitnya. Juga telah Anda ketahui bahwa gaya tarik listrik berbanding terbalik dengan kuadrat jarak. Artinya, makin jauh elektron dari inti, makin lemah gaya tarik inti yang dialaminya. Jadi, elektron pada kulit K mengalami gaya tarik yang lebih kuat daripada gaya tarik yang dialami elektron pada kulit L, dan elektron pada kulit L mengalami gaya tarik yang lebih kuat daripada gaya tarik yang dialami elektron pada kulit M, dan seterusnya.
Selain karena jaraknya yang semakin jauh, elektron pada kulit yang lebih luar akan mengalami gaya tarik yang lebih lemah karena terlindungi oleh elektron pada kulit yang lebih dalam. Elektron pada kulit L terlindungi oleh elektron pada kulit K, dan elektron pada kulit M terlindungi oleh elektron pada kulit K dan L, dan seterusnya.
Elektron pada kulit K dalam atom natrium ditarik oleh inti yang bermuatan +11. Akan tetapi, muatan inti yang menarik elektron pada kulit L bukan +11. Elektron pada kulit K akan mengurangi muatan positif inti yang dialami oleh elektron pada kulit L. Muatan efektif inti yang dialami elektron pada kulit L tinggal (+11) – 2 = +9. Selanjutnya, elektron pada kulit K dan kulit L mengurangi muatan positif inti yang dialami oleh elektron pada kulit M. Muatan efektif inti yang dialami elektron pada kulit M adalah (+11)-2-8=+1.
Perhitungan muatan efektif inti seperti di atas adalah cara kasar yang sederhana. Perlu Anda ingat kembali bahwa sebagian orbital 2s dan 3s bertumpang tindih dengan orbital 1s. Demikian juga halnya dengan orbital 2p, sebagian berada disekitar inti. Artinya, elektron pada kulit L tidak sepenuhnya terlindungi oleh elektron pada kulit K. Namun demikian, perhitungan sederhana seperti itu secara kualitatif dapat menjelaskan kecenderungan energi ionisasi dalam satu periode.
Jika kita bergerak dari kiri ke kanan dalam satu periode, misalnya untuk periode ketiga, kita akan melihat bahwa muatan efektif inti yang dialami elektron kulit terluar akan bertambah. Misalnya, marilah kita bandingkan natrium dengan argon yang samasama mempunyai 3 kulit atom. Muatan efektif inti yang dialami elektron valensi natrium adalah +1; sementara itu, muatan efektif inti yang dialami oleh elektron valensi argon adalah +8. Jadi, elektron valensi argon mengalami gaya tarik yang lebih kuat, sehingga argon mempunyai energi ionisasi yang lebih besar.

Natrium

Posted: November 23, 2009 in Uncategorized

Semua orang pasti tau garam kan??? Itu tuh yang rasanya asin, paling banyak dipake manusia, baik untuk masak, mengusir ular (kok bias ya????), pengawet makanan terutama ikan tuh biar ga bau. Semua orang mengenal senyawa ini baik anak kecil sampai yang udah sepuh. NaCl ini merupakan senyawa yang berasal dari perioda tiga tuh unsur-unsurnya yaitu Na dan Cl (sebenernya sih ini pembahasan kegunaan dari unsur kita Natrium……. Tapi kita mulai dari garam biar pada familiar g familieur….).
Selain bisa membentuk NaCl, Natrium juga dipakai dalam pembuatan ester. Trus Na-Benzoat dipakai sebagai pengawet makanan. Hebat kan Natrium ini. Subhanallah ya, Allah menciptakan unsur ini di alam, kalau g mungkin kita g kan mengenmal yang namanya garam ntar g enak dong masakan yang kita buat bagai makanan tanpa garam (g enak kan???? Jujurlah dan akuilah!!!) Sebenernya masih banyak lagi kegunaan dari Natrium ini. Tapi segini dulu ya, nanti kita sambung lagi. Hehe…..